Bone Jadi Daerah Orang Kerdil, Angka Stunting Capai 40,36 Persen

BONEPOS.COM, BONE - Angka stunting di Kabupaten Bone, tinggi. Jumlahnya mencapai 40,36 persen.

Hal itu diungkapkan Bupati Bone Andi Fahsar Mahdin Padjalangi pada acara Dies Natalis Universitas (Unhas) Makassar ke-63 tahun yang dipusatkan di Kabupaten Bone.

Acara tersebut dirangkaikan dengan pernyataan bersama komitmen pelaksanaan percepatan pencegahan anak kerdil (stunting) Provinsi Sulawesi Selatan di halaman Rujab Bupati Bone, Jalan Petta Ponggawae, Kota Watampone, Selasa (3/9/2019).

Menurut Fahsar, jumlah stunting di wilayahnya yaitu penduduk dari wilayah pelosok dan pesisir. "Kondisi ini bisa mengkhawatirkan bila tidak ditangani dengan baik, jangan sampai Bone ini nanti dikatakan pusatnya orang kerdil," ungkap Fahsar.

Namun Bupati Bone menuturkan bahwa berdasarkan hasil survei dari biro statistik angka stunting tersebut sudah bisa ditekan hingga mencapai hasil 37 persen. "Kita sudah ada penurunan signifikan dengan mengupayakan penekanan dan memberdayakan semua stake holder, tingkatkan pendekatan melaui kader desa serta pemberian makanan tambahan pada ibu hamil," ujarnya.

Sementara itu Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah mengharapkan masalah stunting harus dilakukan pencegahan dari sejak awal. "Pemerintah daerah harus mengalokasikan anggaran untuk mengantisipasi angka stunting ini," harapnya.

Dia juga berharap dalam mencegah stunting perlu ada upaya khusus termasuk pemberian susu ibu hamil dan pemberian gizi pada ibu hamil.