FKN 2019 Bakal Semarak, Penyelenggara Jual Kopi Latimojong

BONEPOS.COM, PALOPO - Produksi kopi di Tana Luwu sebenarnya tak ketinggalan dari daerah lain, utamanya daerah tetangga, seperti Kopi Toraja dan Kopi Kalosi di Enrekang.

Namun, kopi Latimojong Luwu, belum populer. Melalui Festival Keraton Nusantara (FKN) XIII tahun 2019, yang dipusatkan di Kota Palopo, salah satu rangkaian acara dirangkaikan Festival Kopi.

Festival ini dikemas dalam lomba ‘Manual Brewing dan juga Latte Art Competition,’ di pelataran Gedung Saodenrae Convention Centre (SCC) Kota Palopo, 10 hingga 13 September 2019.

Ketua Panitia FKN 2019, Brigjen (Purn) TNI Muslimin Akib, dalam berbagai kesempatan menjelaskan, pihaknya ingin memperkenalkan kopi khas tana Luwu, salah satunya kopi Latimojong. Juga kopi lainnya, seperti Kopi Seko.

"Selama ini yang dikenal cuma Kopi Toraja dan Kopi Kalosi di Enrekang. Padahal kita juga punya, Kopi Latimojong. Tempat tumbuhnya mungkin sama saja, di Gunung Latimojong, yang memang berbatasan dengan Toraja dan Enrekang," tuturnya, Selasa (3/9/2019).

Ia mengungkapkan, lewat Festival Kopi ini, pengunjung bisa belajar dan melihat cara memeroses dan menyeduh kopi yang baik.

Sementara itu, Penanggungjawab Festival Kopi, Marnitha Tipa bilang, ini dimaksudkan agar para peracik kopi yang ambil bagian dalam FKN bisa memperlihatkan kemampuannya.

“Ada jutaan rupiah hadiah uang tunai disiapkan, ditambah sertifikat, dan trophy dalam lomba ini. Kontribusi peserta sebesar Rp100 ribu per orang,” bebernya.

Penulis:Ahmad Kaisar