Kader Posyandu Ujung Tombak Home Care

BONEPOS.COM, MAKASSAR - Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Makassar menggelar Sosialisasi Home Care (Dottoro'ta) di Hotel Grand Imawan, Selasa (3/9/2019). Peserta kegiatan, kader posyandu.

Gelaran sosialisasi ini menyasar 15 kecamatan di Kota Makassar. Kali ini, diikuti empat kecamatan, diantaranya Kecamatan Makassar, Bontoala, Ujung Tanah, dan Mariso.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin menjelaskan, Home Care merupakan program unggulan Pemkot Makassar yang telah mendapatkan penghargaan Top Inovasi 35 dari Kemenpan RB RI.

Hadirnya program Home Care ini bertujuan, membantu masyarakat agar tidak ada lagi orang sakit yang tidak dapat pelayanan kesehatan ketika masyarakat sakit dan tidak mempunyai kemampuan untuk datang ke Puskesmas.

Saat ini, Makassar memiliki 47 Puskesmas dan semuanya melayani Home Care. Olehnya itu, seluruh kader posyandu dapat terlibat langsung, kala ada masyarakat membutuhkan pelayanan Home Care.

"Peran kader kesehatan dalam pelaksanaan program Home Care diharapkan menjadi Koordinator penggerak masyarakat, tenaga penyuluh kesehatan, dan melakukan pertolongan dasar sebelum petugas kesehatan datang di rumah pasien," jelas Naisyah.

Landasan Hukum Home Care, juga jelas. Dibekali Peraturan Wali Kota Makassar nomor 63 tahun 2015 tentang Pelayanan Kunjungan Rumah 24 jam (Home Care) di Kota Makassar.

"Home Care juga ada dua jenis, Home Care Pasca Perawatan dan Home Care atas Permintaan Pasien," tuturnya. (ril)