Segera Sadari, 5 Tanda Luka Batin yang Terpendam

BONEPOS.COM, Berbagai pengalaman pahit yang dialami, mungkin saja akan berlarut dan menjadi dendam. Sebaiknya hal seperti itu harus diatasi segera, agar tidak menjadi penyakit dihati.dan malah jadi penghambat terbesar dalam kemajuan hidup seseorang.

Masalahnya, tak semua orang menyadari kalau dirinya mungkin saja mengalami luka batin atau punya luka batin yang terpendam. Lalu, bagaimana cara mengetahuinya? Yuk kita simak 5 tandanya di bawah ini.

1. Mudah merasakan sakit hati

Rasa sakit hati tentu berpotensi untuk dirasakan setiap orang. Ya, sebagai manusia biasa kita terkadang tak kuasa untuk menahan rasa sakit dari luka batin yang ada. Namun, bagi orang yang memiliki luka batin yang terpendam, seringkali sakit hati yang ia rasakan sudah terlalu sering.

Artinya, ia seperti tidak memiliki 'filter' yang harusnya dapat melindungi diri dari rasa sakit hati yang berlebihan. Ya, bisa jadi hal ini adalah akibat dan wujud dari luka batin yang terpendam. Cobalah untuk segera mengatasinya, ya!

2. Walau sudah memaafkan, kamu belum sepenuhnya merasa lega

Memaafkan adalah cara yang sering dianjurkan untuk melepaskan luka batin yang berasal dari masa lalu seseorang. Ya, pastinya memaafkan adalah hal yang sangat positif dan mulia untuk dilakukan.

Namun, berapa banyak dari kamu yang mungkin sudah mencoba untuk memaafkan, tetapi belum bisa merasakan kelegaan dan kedamaian yang seharusnya bisa kamu dapatkan?

Nah, kalau hal ini terjadi maka itu artinya kamu masih memiliki luka batin terpendam yang belum kamu maafkan dan selesaikan.

3. Membalas perbuatan yang pernah dilakukan orang lain padamu

5 Tanda Kamu Punya Luka Batin yang Terpendam, Segera Sadari

Bila kamu belum berdamai dengan luka batin, maka ada kemungkinan hal-hal negatif dapat terjadi. Seperti, luka batin yang berubah menjadi dorongan buruk yang bikin kamu melakukan hal negatif yang pernah orang lain lakukan padamu.

Dengan kata lain, tanpa disadari kamu ingin melampiaskan dan membalas dendam, bahkan pada orang yang tak bersalah sekalipun. Semoga setelah menyadari hal ini, kamu bisa segera menemukan solusi dan kedamaian hati yang sudah seharusnya kamu dapatkan.

4. Hampir tidak ada keinginan tulus untuk melakukan kebaikan

Berbuat kebaikan adalah hal mulia yang sudah seharusnya kita lakukan. Namun, seringkali keinginan berbuat baik seakan sirna tanpa menyisakan sedikit pun rasa tulus di dalamnya. Kenapa hal ini bisa terjadi?

Ya, karena luka hati yang terpendam tersebut. Luka batin tersebut bikin kamu enggan untuk melakukan kebaikan. Tapi, percayalah bahwa di setiap kebaikan ada secercah harapan yang akan membawamu menuju kepada kebahagiaan yang sejati.

5. Perasaan negatif dan tak nyaman sering muncul, namun gak tahu penyebabnya

Apakah kamu sering merasakan perasaan negatif dan tak nyaman muncul? Lalu, kamu sendiri mungkin sudah lupa dan tak tahu penyebabnya? Padahal, itu adalah sinyal dari dalam diri kamu bahwa masih ada luka batin yang tersisa dalam diri.

Nah, coba deh lakukan dialog santai tapi serius dengan diri sendiri atau self talk. Coba untuk berbicara secara jujur pada diri sendiri, dengan begitu kamu bisa berpikir lebih jernih dan tentunya mengenal diri sendiri lebih baik.

Jadi, itulah kelima tanda kalau kamu punya luka batin yang terpendam. Semoga kamu bisa segera terbebas dari luka batin tersebut dan menjadi pribadi yang bahagia, ya!

Baca Selanjutnya PMII Ketuk Hati Dermawan