Jelang FKN 2019, Makam Datuk Pattimang Ramai

BONEPOS.COM, LUTRA - Sebuah kebanggaan bagi masyarakat Tana Luwu, dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan Festival Keraton Nusantara (FKN) 2019.

Gelaran ini, tidak hanya diikuti kerajaan-kerajaan dari Nusantara saja, melainkan sejumlah negara asing seperti Belanda, Malaysia, Singapura, Brunei, dan Pakistan, juga akan ambil bagian.

Ada berbagai persiapan dilakukan panitia penyelenggara. Salah satunya dengan melakukan ziarah ke Makam Datuk Pattimang di Malangke oleh Dewan Adat 12 Kedatuan Luwu, Selasa (3/9/2019).

Kepala Dinas (Kadis) Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) Kabupaten Luwu Utara, Yasir Taba mengatakan, ada sekitar 100 orang yang datang berziarah ke makam Datuk Pattimang bersama para Dewan Adat 12 tersebut.

“Mereka yang datang berziarah terdiri dari Makole Baebunta dengan perangkat adatnya, Maddika Bua dengan perangkat adatnya, serta Maddika Ponrang juga dengan Perangkat Adatnya,” jelas Yasir.

Sementara terkait persiapan Festival Kuliner Non Beras yang akan dilaksanakan Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara, 11 September 2019 mendatang, kata Yasir Taba, Pemda Lutra sudah siap melaksanakan kegiatan yang juga bagian dari rangkaian FKN tersebut.

"Terkait Festival Kuliner, kita sudah menyurat ke seluruh kecamatan untuk meminta setiap desa untuk hadir mengambil bagian dalam acara ini,” jelas Yasir.

“Sejauh ini, kita sudah melakukan dua kali rapat untuk membahas kegiatan ini, dan progressnya Alhamdulillah sangat baik. Karena hampir seluruh kecamatan sudah menyatakan kesediaannya untuk hadir memeriahkan Festival Kuliner tersebut. Sisanya tinggal menunggu konfirmasi kehadiran dari kecamatan yang lain,” tukas Yasir Taba.

Penulis:Ahmad Kaisar