Tradisi 10 Muharram, Emak-emak Borong Perabot Rumah

BONEPOS.COM, BONE - Sejumlah warga di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, menyerbu pedagang perabot rumah tangga, di jalan Soekawati, Kelurahan Macege, Kecamatan Tanete Riattang, Selasa (10/9/2019).

Warga memburu parabot rumah tangga ini merupakan tradisi memperingati 10 Muharram. Mereka percaya membeli peralatan dapur dan perabotan saat Asyura bisa menambah rezeki dan keselamatan keluarga.

"Kami datang belanja parabot rumah sudah menjadi tradisi setiap 10 Muharram," kata Irma Suriana seorang ibu rumah tangga ditemui usai membeli parabot rumah

Lanjut dia mengatakan, perabot rumah tangga yang dibelinya itu, dari bahan plastik seperti, ember, timba, baskom, dan barang kebutuhan rumah tangga lainnya.

Menurutnya, dengan berbelanja ember atau sejenisnya, rezeki dalam keluarganya bisa bertambah serta mendapatkan berkah di bulan Muharram ini.

"Kami hanya melanjutkan tradisi dari nenek moyang kami, dengan artian membeli parabot rumah tangga tepat pada 10 Muharram itu agar kami sekeluarga mendapat rezki." pungkasnya.

Penulis:Adhy Saruga