Irwandi Burhan Menguat Ketua DPRD Bone, Ini Alasan Logisnya

BONEPOS.COM, MAKASSAR - Siapa sosok nakhoda resmi Ketua DPRD Kabupaten Bone, belum jelas, hingga saat ini. Mengemuka, Irwandi Burhan, menjadi calon terkuat Ketua DPRD Kabupaten Bone.

Hal itu tidak lepas dari beberapa faktor. Irwandi merupakan legislator yang meraih suara tertinggi di Partai Golkar, dengan perolehan 6.861 suara.

Bukan itu saja, di internal Golkar sendiri, Irwandi merupakan anak dari Politikus senior dan mantan Anggota DPRD Bone dari Partai Golkar, Burhan Djafar. Sehingga jiwa dan raga Irwandi, tidak diragukan lagi untuk Partai Golkar.

Sekretaris DPD II Golkar Bone, Firman Batari mengatakan, penetapan calon pimpinan DPRD Bone ini harus memenuhi beberapa kriteria yang telah ditetapkan oleh Golkar.

Firman menyebutkan, kriteria ditetapkan Golkar yakni calon harus dari pengurus harian, pernah menjadi anggota DPRD, memiliki suara terbanyak dan tidak pernah menjadi pengurus di partai lain.

Maka tidak heran, dari beberapa kriteria tersebut, Irwandi Burhan, memiliki potensi besar menjadi sosok Ketua DPRD Kabupaten Bone. Terlebih, Irwandi juga merupakan petahana. Tugas dan fungsi sebagai wakil rakyat sudah dipahaminya.

Adapun itu, Sekretaris DPD I Golkar Sulsel, Abdillah Natsir menuturkan, pihaknya masih menunggu keputusan resmi DPP Golkar, terkait sosok Ketua DPRD Kabupaten Bone untuk periode selanjutnya.

Disinggung mengenai potensi keterpilihan Irwandi Burhan, Abdillah belum mau berandai-andai. "Kita Tunggu-tunggu saja," akunya.

Sekadar diketahui, Ketua DPRD Kabupaten Bone sebelumnya, Andi Akbar Yahya hanya mampu mendulang 3. 851 suara. (ril)