Di Bone Gagas Sampah Jadi Uang, Begini Caranya

BONEPOS.COM, BONE - Pemerintah Kabupaten Bone serius menangani masalah sampah. Berbagai upaya terus dilakukan.

Kali ini, Bupati Bone, Andi Fahsar Mahdin Padjalangi memberi dukungan kepada Lembaga pendidikan dan advokasi lintas masyarakat (Lekas) Kabupaten Bone yang juga bertekad menangani persoalan sampah di Bumi Arung Palakka.

Fahsar bilang, Pemerintah Kabupaten Bone mengapresiasi dan mendukung siapa saja yang ingin membantu dalam penanganan sampah.

Hal itu tidak lepas dari, Visi Kabupaten Bone yakni Zero sampah. Bahkan salah satu nomenklatur Penanganan Sampah tertuang pada Peraturan Bupati Nomor 81 Tahun 2018 Tentang Kebijakan dan Strategi Kabupaten Bone Dalam Mengelola Sampah Rumah Tangga.

"Kita wujudkan Bone Zero sampah, salah satu solusinya program pengelolaan sampah yang digagas Lekas, dan tentunya semua pihak harus serius," jelas Fahsar, Rabu (11/9/2019).

Ketua Lekas Bone, Anwar Marjan menyampaikan, konsep pengelolaan sampah tidak sebatas mampu mengatasi masalah sampah, tetapi juga memberikan pendapatan tambahan bagi masyarakat yang terlibat.

"Saat ini sampah bukan lagi tiap jam ada, namun tiap menit hingga detik ada sampah, padahal sampah itu juga ada nilainya, dengan manajemen pengelolaan sampah, dua hal yang teratasi yakni sampah bisa jadi uang dan lingkungan bersih dari sampah," ucap Anwar.

Ketua panitia pendidikan dan pelatihan (Diklat) Pengelolaan sampah, Jusman berujar, Bumdes akan dilatih untuk mengubah sampah menjadi uang. (ril)