Jenis-jenis Aspal dan Fungsinya yang Wajib Diketahui – Bonepos.com Best Automated Bot Traffic

Jenis-jenis Aspal dan Fungsinya yang Wajib Diketahui

  • Bagikan
Evi Asjikin (Baju Dinas) saat memantau langsung proses pengaspalan jalan di Bone.

Kondisi jalan rusak hampir kita jumpai di setiap daerah, tak terkecuali di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. Hal tersebut pasti tentunya akan mengganggu kenyamanan pengguna jalan dalam berkendara, bahkan kerap kali mengakibatkan kecelakaan lalu lintas.

Mungkin sebagian dari kita berfikir bahwa kerusakan jalan lebih disebabkan oleh pihak kontraktor yang mengerjakan jalan tersebut. Namun sebelum memutuskan hal tersebut, sebaiknya kita mencari tahu dulu tata cara pengaspalan serta faktor apa saja yang membuat jalan aspal cepat rusak.

Berikut ini, saya akan mengulas jenis-jenis aspal, dimana Aspal adalah Campuran agregat kasar , agregat halus dan bahan pengisi (filler)dengan bahan pengikat Aspal dalam kondisi suhu panas dengan komposisi yang di teliti dan di atur oleh spesifikasi teknis.

Baca Juga  Evi, ASN Perempuan Tangguh di PUPR Bone, Rela Panas-panasan hingga Kerja Sampai Subuh

Dalam proyek jalan raya, Aspal terbagi dalam beberapa jenis yang pertama, prime coat (Lapis resap pengikat), Tack coat (Lapis perekat), Aspal Hotmix ACB (Ashpalt Concrete Base) atau ATB Aspal Hotmix Binder Course (BC), Aspal Hotmix Wearing Course (AC- WC), Aspal Hotmix HRS (Hot Roller Sheet), Aspal Hotmix Fine Grade (FB) dan Shand Sheet.

Berikut penjelasan mengenai jenis-jenis aspal yang wajib diketahui :

1. Prime coat

Prime coat merupakan lapisan ikat aspal cair yang diletakkan di atas lapisan pondasi agregat kelas A. Lapis resap pengikat ini dibuat dari Aspal dengan penetrasi 80/100,atau penetrasi 60/70 yang di cairkan minyak tanah. Volume yang digunakan berkisar antara 0,4 sampai dengan 1,3 liter/m2.

Baca Juga  Menjaga Stabilitas Mental Anak Selama Pandemi Covid-19

Fungsi dari Aspal Prime Coat adalah untuk memberikan daya ikat antara lapis pondasi agregat dengan Aspal Hotmix. Selain itu, juga berfungsi untuk mencegah lepasnya butiran lapis pondasi agregat saat dilewati kendaraan sebelum dilapisi dengan Aspal Hotmix.

Kemudian Prime Coat juga berfungsi untuk menjaga lapis pondasi agregat dari pengaruh cuaca khususnya saat hujan sehingga air tidak masuk kedalam lapis pondasi agregat sehingga dapan menyebabkan kerusakan pada struktur jalan.

2. Tack coat

Ilustrasi Tack coat pada pengaspalan jalan (INT)
Temukan Kami:
  • Bagikan