Kebakaran Hebat di TPA Antang Makassar, Relawan Terlatih FTI UMI Turun Gunung

BONEPOS.COM, MAKASSAR - Kobaran api masih menyelimuti kawasan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Antang yang berada di Kelurahan Tamangapa, Kecamatan Manggala, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, Minggu malam (15/9/2019).

Sebagai bentuk keprihatinan, 20 mahasiswa terlatih dari Tim Relawan dan Bantuan Kemanusiaan Mahasiswa Fakultas Teknologi Industri (FTI) UMI bergerak menuju ke lokasi kebakaran di TPA Antang.

Rombongan Relawan dan Bantuan Kemanusiaan Mahasiswa Fakultas Teknologi Industri (FTI) UMI membawa 200 bungkus nasi dos dan air minum. Hal ini sebagai bentuk antisipasi dini. Apalagi warga sudah mengungsi dan belum berdiri dapur umum.

"Ini kami lakukan dikarenakan warga mulai kelaparan, makanan siap saji ini kami yakin tidak cukup untuk 4 titik pengungsi," jelas Dekan FTI Umi Zakir Sabara.

Lanjut kata Zakir, perlu segera mengedukasi warga untuk waspada penyakit ispa dan segera perlu dibagikan masker kepada warga.

Plt Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Makassar, A.Iskandar menjelaskan, dia sempat melakukan pemantauan di lokasi sekitar pukul 12.00 Wita. Saat itu, kondisi berjalan normal.

"Barulah sekitar pukul 14.00 Wita, TPA terbakar. Bermula dari tiba-tiba timbulnya api di sekitar pembuangan yang aktif. Apalagi di TPA kondisi panas. Yang jelas, api kecil, tidak cukup beberapa menit langsung cepat menjalar," jelas Iskandar.

Namun demikian, kata Iskandar, upaya pemadaman terus dilakukan. Dari DLH Kota Makassar mengarahkan alat berat dan dozer untuk memblok dan menggali dengan tujuan memutus titik api. Kemudian dari armada Damkar sudah melakukan penyiraman terus pada titik api di TPA.

"Dihimbau kepada warga, agar jangan terlalu mendekat dulu ke TPA," ucap Iskandar. (ril)