CPNS 2019 Dibuka Oktober, Berikut Dokumen Yang Perlu Dipersiapkan Pendaftar

BONEPOS.COM, MAKASSAR - Pemerintah pusat melalui Badan Kepegawaian Negara (BKN) akan membuka seleksi CPNS Tahun 2019. Direncanakan, dilaksanakan pada Oktober, tahun ini.

Secara nasional, total kebutuhan Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun 2019 sebanyak 254.173 orang.

Hingga saat ini, pemerintah pusat belum mengumumkan jadwal resmi pendaftaran CPNS tahun 2019. Namun demikian, bagi Anda yang ingin mendaftar, ada baiknya mempersiapkan dini segala dokumen yang dibutuhkan, apa saja?

Berikut beberapa dokumen yang perlu dipersiapkan pendaftar; scan KTP, Kartu Keluarga, foto diri, ijazah, dan transkrip nilai.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS), pada prinsipnya setiap Warga Negara Indonesia (WNI) mempunya kesempatan yang sama untuk menjadi PNS, sepanjang memenuhi 9 persyaratan sebagai berikut, apa saja ya;

1. Usia paling rendah 18 tahun dan paling tinggi 35 tahun pada saat melamar.

2. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 tahun atau lebih.

3. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.

4. Tidak berkedudukan sebagai calon PNS, PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, atau anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia.

5. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai atau terlibat politik praktis.

6. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan Jabatan.

7. Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar.

8. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh Instansi Pemerintah.

9. Persyaratan lain sesuai kebutuhan Jabatan yang ditetapkan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK). (Int)