TMMD Ke-106 Selamatkan Masyarakat Soppeng Dari Banjir, Begini Ceritanya

BONEPOS.COM, SOPPENG - Masyarakat Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan, merespons positif program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Tahun 2019.

TMMD ke-106 ini, akan melaksanakan kegiatan berupa normalisasi Sungai Kawarang sepanjang 4,6 Kilometer.

Dalam rangka persiapan kegiatan normalisasi Sungai Kawarang, TMMD ke 106 bekerjasama dengan Dinas PUPR Kabupaten Soppeng, telah melaksanakan pemasangan patok di Kawarang, Desa Panincong, Kecamatan Marioriawa, Kabupaten Soppeng, Minggu (15/9/2019).

Giat Pra-TMMD pemasangan patok disasaran sungai TMMD dari induk anak sungai Kawarang ke arah Utara menuju Danau Tempe (Sungai Mattajang) dengan perencanaan sebelumnya sepanjang 5.000 meter.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemantauan program Serasi (Long Strage) yang saat ini sudah dialiri air dari Danau Tempe untuk dimanfaatkan oleh petani di sekitarnya.

Pemasangan patok sepanjang 4.600 meter ini, sudah memasuki area Danau Tempe, namun belum menemukan air danau dikarenakan saat ini memasuki musim kemarau sehingga pemasangan patok dimajukan 400 meter untuk sampai ke pinggiran air Danau Tempe.

Ketua Kelompok Tani Loppo Labukkang, Zainuddin, menyambut baik program TMMD berupa normalisasi Sungai Kawarang.

"Karena selama ini tidak ada pekerjaan normalisasi sungai tersebut, dampaknya banjir saat turun hujan kami rasakan, akibat tidak ada alur air hanya meluap di sawah, kami harapkan pekerjaan ini mudah-mudahan cepat selasai," ujar Zainuddin, Senin (16/9/2019).