TPA Antang Makassar Terbakar, Diskes Bagi Ribuan Masker Gratis

BONEPOS.COM, MAKASSAR - Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Makassar membuka Posko Bantuan Medis yang berpusat di Puskesmas Pembantu (Pustu) Tamangapa. Hal ini sebagai bentuk antisipasi asap dari kebakaran TPA Tamangapa, Antang, Makassar, Sulawesi Selatan.

Tim Dinas Kesehatan menurunkan Tim Gerak Cepat (TGC) Bencana. Mereka melakukan mitigasi, dan penyisiran area yang memiliki risiko terkena dampak terbesar di sekitar lokasi terbakarnya TPA Tamangapa.

Model penanganan yang dilakukan ada dua jenis, yaitu saat terjadi bencana dengan menginformasikan kepada warga yang berdomisili sekitar TPA Tamangapa utamanya menghimbau ibu-ibu yang memiliki balita dan batita agar menjauh dari lokasi. Sekaligus membagikan masker atau penutup wajah.

"Masker yang dibagikan melalui Posko Bantuan Medis dan TGC Tamangapa, Bangkala, dan Antang Perumnas sejak kemarin hingga hari ini kurang lebih 7.074 lembar masker yang diserahkan kepada warga yang terdampak asap termasuk pelajar dan petugas," kata Kadis Kesehatan Kota Makassar, Naisyahtun Azikin, Senin (16/9/2019).

Dinas Kesehatan memiliki Tim TGC sebanyak 47 yang tersebar di 15 kecamatan. Khusus penanganan tanggap darurat bencana di TPA Tamangapa, TGC yang dikerahkan adalah TGC Antang Perumnas, Tamangapa, Bangkala, dan Antang.

Posko Bantuan Medis juga menyiapkan bantuan oksigenasi untuk pasien sesak, vitamin dan obat-obatan pendukung lainnya. (ril)