Ketua DPRD Sinjai Dorong Peran BPD Bangun Desa, Begini Caranya

BONEPOS.COM, SINJAI - Ketua DPRD Sinjai Abd Haris Umar menghadiri Pengambilan Sumpah Janji 500 Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Periode 2019-2025 se-Kabupaten Sinjai di Pendopo Rumah Jabatan (Rujab) Bupati, Rabu (18/9/2019).

Acara pelantikan diawali pengambilan sumpah oleh Bupati Sinjai A. Seto Gadhista Asapa diikuti secara bersama semua anggota BPD dari 66 desa yang dilantik dan disaksikan Wakil Bupati Sinjai A. Kartini Ottong, Forkopimda, Asisten, Staf Ahli, para Kabag, tokoh masyarakat serta tamu undangan lainnya.

Bupati Sinjai Seto di awal sambutannya mengucapkan selamat kepada para anggota BPD yang telah dilantik. Kata Seto, anggota BPD yang baru merupakan momentum awal pengabdian yang tulus bagi anggota BPD dalam membangun Kabupaten Sinjai khususnya di wilayah Desa masing-masing.

Seto bilang, anggota BPD yang dilantik ini merupakan wakil dari penduduk desa berdasarkan keterwakilan wilayah dan keterwakilan perempuan yang pengisiannya dilakukan melalui pemilihan langsung atau proses musyawarah perwakilan. Hal ini membuktikan bahwa masyarakat desa di Kabupaten Sinjai sudah mewujudkan proses demokrasi di tingkat desa.

"Saya berharap kepada saudara untuk segera menyesuaikan diri dan bekerja agar paham betul dengan situasi, kondisi, potensi, problematika serta aspirasi yang ada dari masyarakat serta selalu mengedepankan budaya jujur, ikhlas, gotong royong, kebersamaan dan terbuka didalam bekerja dan melayani masyarakat," harapnya.

Ketua DPRD Sinjai Abd Haris Umar juga memberikan ucapan selamat kepada anggota BPD yang telah terpilih, ia berharap agar anggota BPD dan Pemerintah Desa bisa bersinergi sehingga aturan-aturan yang ada di Pemerintahan Desa tetap berjalan mulai dari perencanaan anggaran sampai perencanaan pembangunannya.

"Semoga anggota BPD dapat berperan aktif dalam pembangunan di tingkat desa sampai ke kecamatan untuk menyerap aspirasi masyarakat dalam proses pembangunan di desa," tuturnya. (ril)