Bupati Seto Serius Tekan Pengangguran, Ini Strategi Jitunya

BONEPOS.COM, SINJAI - Jumlah pengangguran di Kabupaten Sinjai, tidak sedikit. Mulai Januari hingga Agustus 2019, pencari kerja di Bumi Panrita Kitta sebanyak 346 orang.

Sebagai langkah penanggulangan pengangguran tersebut, Pemkab Sinjai berupaya menciptakan tenaga kerja mandiri menjadi wirausaha baru.

Salah satu caranya, Dinas Koperasi UKM dan Tenaga kerja Kabupaten Sinjai membuat pelatihan bagi para calon pencari kerja. Pola penciptaan wirausaha baru dijalankan lebih efektif.

"Ini merupakan proses kegiatan untuk menciptakan kader wirausaha muda atau pengusaha pemula yang berkualitas. Selain itu untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan teknis kepada para peserta pelatihan, " kata Kepala Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Sinjai, Firdaus di sela-sela pembekalan peserta kegiatan wirausaha mandiri di Wisma Hawai, Kamis (19/9/2019).

Bupati Sinjai A Seto Gadhista Asapa bilang, kegiatan pelatihan penciptaan wirausaha baru ini merupakan rangkaian kegiatan penciptaan wirausaha baru yang dilaksanakan Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Kabupaten Sinjai.

"Kebijakan pembangunan di bidang ketenagakerjaan di Sinjai tentu harus disesuaikan dengan sumberdaya serta kondisi lingkungan setempat secara terpadu. Sehingga dari hasil pembangunan itu dapat meningkatkan kesejahteraan sosial, memperluas kesempatan kerja dan meningkatkan kuantitas dan kualitas hidup masyarakat," harap Seto.

Seto menyadari, keberadaan wirausaha memiliki peran penting sebagai motor penggerak ekonomi dan pembangunan. Oleh karena itu sangat diharapkan agar para pelaku usaha ini bersungguh-sungguh dalam menjalankan roda usahanya.

"Sebagai langkah awal Pemerintah akan memberikan bantuan peralatan mesin jahit kepada perwakilan kelompok usaha menjahit. Ini juga merupakan bagian dari program penciptaan lapangan kerja dan wirausaha baru sesuai visi misi Bupati Sinjai 2019-2023," tutur Seto. (ril)