Smart SIM, Kartu Ajaib Korlantas Polri

BONEPOS.COM, BONE - Ratusan orang memadati Pembukaan Pameran Lalu Lintas Satlantas Polres Bone, di Lapangan Merdeka Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Jumat malam (20/9/2019).

Pada gelaran tersebut, Kasat Lantas Polres Bone mensosialisasikan Smart SIM. "Tanggal 22 September 2019 nanti, Insya Allah penggunaan Smart SIM akan Launching di seluruh Indonesia," ungkap AKP Muh.Tamrin.

Menurutnya, ada beberapa keunggulan dalam Smart SIM. Diantaranya, Smart SIM ini adalah salah satu terobosan baru Korlantas Polri yang berbasis ITE, berlaku di seluruh Indonesia termasuk Polres Bone.

"Smart SIM nanti akan mencakup seluruh data-data yang ada dalam pengemudi atau pengendara. Dan sifatnya online di seluruh Indonesia, serta akan menjadi database kepolisian, data kita akan mencakup data-data pelanggaran," ujarnya

"Misalnya kalau kita sudah menggunakannya, jika nanti melanggar sebanyak tiga kali dalam ketegori pelanggaran berat akan tercatat di SIM itu. Dan SIM akan dicabut, kemudian ada batas waktunya, nanti Anda akan mengambil SIM dengan proses baru, metode yang sudah disetting sedemikian rupa di dalam komputer," kata Tamrin

Dia juga berharap, apabila Smart SIM sudah dimiliki, agar tetap waspada untuk menghindari pelanggaran yang sangat fatal karena akan berakibat cukup berat kepada pengguna Smart SIM itu dikarenakan tercatat di kepolisian termasuk catatan kriminalnya.

Penulis:Iwan Taruna