Keren, Masyarakat Sinjai Produksi BBM dari Limbah Plastik

BONEPOS.COM, SINJAI - Kabupaten Sinjai ambil bagian pada gelaran Teknologi Tepat Guna (TTG) Nasional XXI yang dilangsungkan di kawasan Sport Center Pantai Panjang, Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu, Minggu (22/9/2019).

Bupati Sinjai, A Seto Gadistha Asapa mengatakan, pemanfaatan TTG memiliki peran yang sangat strategis di dalam mendorong tumbuh kembangnya kegiatan inovatif di masyarakat.

“Pemkab Sinjai untuk terus memberdayakan para kelompok usaha utamanya dalam hal pemanfaatan teknologi tepat guna yang sesuai dengan situasi lokal," jelas Seto.

"Pada gilirannya tentu itu akan mendorong optimalisasi sumber daya baik SDMnya maupun sumber daya alam, sehingga melahirkan kemandirian masyarakat yang dibarengi dengan kegiatan-kegiatan inovatif,” sambungnya didampingi Ketua tim penggerak PKK Sinjai, A Nurhilda Daramata Seto.

Gelaran TTG kali ini dibuka Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sanjoyo. Eko berharap agar dengan gelar TTG 2019 ini, pemerintah daerah mendorong menggunakan teknologi tepat guna dalam pemanfaatan dana desa agar penggunaan dana desa lebih efektif.

Kabupaten Sinjai yang berpartisipasi dalam gelar TTG Nasional, memperkenalkan salah satu hasil karya terbaiknya, sebuah alat produksi BBM yang menggunakan limbah plastik menjadi bahan bakar minyak dan bahan bakar ilir.

“Mudah-mudahan teknologi yang dikembangkan oleh kelompok masyarakat Sinjai Tengah ini bisa berguna dan bermanfaat bagi masyarakat Indonesia,” ucap Kepala Dinas PMD Kabupaten Sinjai Yuhadi Samad. (ril)