Radikalisme Dan Rasisme Bisa Dicegah, Bila Mahasiswa Lakukan Hal Ini

BONEPOS.COM, BONE - Kapolres Bone, AKBP Muhammad Kadarislam Kasim memberikan wejangan pada kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa (LDKM) di Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Pengayoman Watampone, Senin (23/9/2019).

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STIH Pengayoman Watampone. Pesertanya pengurus BEM dan seluruh mahasiswa baru.

Di hadapan mahasiswa, Kadarislam mengatakan, radikalisme dan rasisme yang saat ini menjadi pembahasan menarik di kalangan masyarakat. Hal itu terjadi di Papua.

"Radikalisme merupakan gerakan politik dengan tujuan untuk mencapai kebebasan electoral. Sementara rasisme merupakan doktrin yang menyatakan bahwa hanya kelompok atau golongan tertentu yang paling unggul seperti yang terjadi pada di Papua," ungkapnya.

Kadarislam bilang, pihaknya sedang terus melakukan sosialisasi ke masyarakat-masyarakat agar mengetahui tipelogi Radikalisme dan Rasisme sehingga dapat mencegah gerakan separatis.

"Kami berharap melalui kegiatan-kegiatan kemahasiswaan seperti ini bisa membantu peran serta TNI-Polri dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Karena kami percaya bangsa ini tidak akan besar tanpa ada peranan para mahasiswa," ujar Kadarislam.

Penulis: Iwan Taruna