ASN di Bone Ciptakan Aplikasi DOA Pegawai, Pelayanan Kearsipan Cuma 1 Menit

BONEPOS.COM, BONE - Inovasi tiada henti terus dilakukan ASN di Kabupaten Bone. Salah satunya seperti yang digagas Kabid Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi BKPSDM Kabupaten Bone, Irsal Mahmud. Namanya, Digitalisasi Online Arsip Pegawai yang disingkat menjadi DOA Pegawai.

Kepada Bonepos, Irsal menjelaskan, tujuan aplikasi DOA Pegawai adalah
hadir sebagai solusi dalam memberikan pelayanan yang cepat, efektif, dan efisien terkait kepegawaian dan juga sebagai sarana penyimpanan berkas digital arsip kepegawaian seluruh Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bone.

Hadirnya DOA Pegawai ini memberikan efek positif. Dikarenakan dapat memberikan kemudahan dalam proses penyimpanan, pencarian kembali dan penyajian informasi.

Bukan hanya itu, melalui aplikasi ini, mengurangi risiko kehilangan arsip dan kerusakan berkas kepegawaian, efisiensi waktu akses dan menghemat tempat penyimpanan arsip, memudahkan PNS utuk mendapatkan arsip kepegawaian masing-masing yang bisa didapatkan setiap saat dan dapat mendownload seluruh arsip digital apabila diperlukan kapanpun dan dimanapun

"Penghematan SDM. Dengan arsip digital elektronik, jumlah SDM dapat dikurangi, namun akses informasi tetap dapat dilakukan dengan cepat," jelas Irsal, Selasa (24/9/2019).

Irsal bahkan menggaransi, melalui pemanfaatan DOA Pegawai bisa memenuhi permintaan berkas ASN dalam durasi waktu yang lebih singkat, sekitar 1 menit.

"Kalau dengan berkas fisik yang tersusun rapi ketika ada permintaan berkas, maka kami bisa penuhi dengan durasi waktu 5 sampai 10 menit. Mulai dari mengambil sampai dengan fotocopy sampai simpan kembali," ujar Irsal. (ril)