MA Tambah Vonis Mantan Kadis PU Bone, Ini Hukumannya

BONEPOS.COM, BONE - Mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Sumber Daya Air (PU dan SDA) Kabupaten Bone, Sudirman, harus menjalani hukuman penjara lebih lama.

Semula JPU menuntut Sudirman 1 tahun dan 3 bulan, dan putusan Pengadilan Negeri saat itu 1 tahun dan 4 bulan di tambah dengan denda Rp50 juta. Namun, putusan MA lebih berat lagi. Menjadikan Sudirman mendapatkan hukuman 4 tahun dan denda sebesar Rp200 juta.

Sudirman dieksekusi oleh Kejari Bone di kediamannya, Rabu (25/9/2019). Semula, Sudirman menjalani pemeriksaan kesehatan di Puskesmas Watampone. Selanjutnya langsung dibawa ke Lapas Makassar menjalani hukuman.

"Iya benar dan sudah dibawa ke Makassar," ungkap Kajari Bone, Nurni Farahyanti.

Sekadar diketahui, Sudirman dinyatakan terbukti bersalah menyalahgunakan wewenang dan menimbulkan kerugian negara pada proyek Swakelola yang dikerjakan pada tahun 2014 lalu. Sudirman terbukti telah melanggar pasal 3 Undang-Undang 31 Tahun 1999 tentang tindak pidana korupsi.

Mantan kadis PU, Sudirman, resmi ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi, Kamis 29 Desember 2016 lalu. Sudirman disangkakan telah merugikan negara sebanyak Rp225.650.102,77 pada proyek Swakelola yang dikerjakan pada tahun 2014. Diduga terjadi banyak kejanggalan, salah satunya tidak adanya dibentuk tim PHO (tim pemeriksa-red) didalamnya saat itu. (ril)