Wartawan Di Bone Kecam Kekerasan Terhadap Jurnalis

BONEPOS.COM, BONE - Puluhan insan pers di Kabupaten Bone melakukan aksi solidaritas di Tugu Jam Kota Watampone, Rabu sore (25/9/2019).

Puluhan jurnalis dari media cetak, online dan elektronik menyuarakan menolak kekerasan terhadap wartawan yang dilakukan aparat kepolisian.

Koordinator lapangan Sainal Abidin mengatakan, jurnalis dalam menjalankan tugasnya dilindungi UU No 40 Tahun 1999 tentang Pers. "Jurnalis yang bertugas wajib dilindungi, bukan malah mendapatkan kekerasan maupun intimidasi," kata Sainal.

Beberapa teriakan juga disuarakan oleh jurnalis yang melakukan aksi. Jurnalis menuntut Kapolri Tito dicopot dan anggota polisi yang melakukan tindakan kekerasan terhadap wartawan agar diusut tuntas.

Sebagaimana dikabarkan sebelumnya aksi damai serentak dilakukan terkait kasus kekerasan terhadap jurnalis yang terjadi di Makassar, Selasa (24/9/2019). Aksi kekerasan tersebut terjadi di saat wartawan sedang menjalankan tugas. Jurnalis yang menjadi korban penganiayaan aparat kepolisian yaitu, Muh Darwin (Antara), Syaiful Rania (Ini Kata) dan Ishak Pasabuan (Makassartoday).

Penulis: Sugianto Warium