Beras Si Baco Bulukumba, Inovasi Pertama Di Indonesia

BONEPOS.COM, BULUKUMBA - Beras Sistem Barcode yang beken disebut Beras Si Baco dilaunching di Sekretariat Gapoktan Samaenre, Desa Lonrong, Kecamatan Ujungloe, Jumat (27/9/2019).

Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali AM Sukri Sappewali menjelaskan, penggunaan beras barcode sesuai dengan tuntutan zaman. Dengan adanya teknologi, maka produk pangan yang beredar di masyarakat lebih transparan. Masyarakat mendapatkan informasi, begitu pula pemerintah dapat melakukan pengawasan.

"Kita harus mendorong pelaku usaha memiliki kemampuan menerapkan teknologi. Untuk itu
perangkat daerah terkait harus saling bersinergi. Bukan hanya menjadi tanggungjawab dari Dinas Ketahanan Pangan," jelas Sukri.

"Tentunya Beras Si Baco ini memiliki nilai lebih, karena sudah dikemas dengan baik dan terjamin kualitasnya," sambungnya.

Kepala UPT Balai Pengawasan Mutu dan Keamanan Pangan Provinsi Sulawesi Selatan, Hasnawaty Habibie bilang, apa yang dilakukan tersebut merupakan terobosan. Menurutnya kegiatan ini sangat penting karena terkait bagaimana upaya menyiapkan suatu produk pangan yang aman bagi masyarakat untuk dikonsumsi.

"Ini (Beras Sistem Barcode) adalah inovasi yang baru terkait pengawasan keamanan pangan. Belum ada di Indonesia seperti ini," akunya.

Penulis:Iwan Taruna