Hindari Demo, Calon DPR 2019 – 2024 yang Dilantik Besok Diminta Datang Cepat

Gedung DPR

BONEPOS.COM - Selasa (1/10) besok, anggota DPR periode 2019-2024 akan dilantik. Sebanyak 711 orang (575 anggota DPR/MPR dan 136 orang anggota DPD) akan melakukan pengucapan sumpah/janji anggota DPR, DPD, dan MPR periode 2019-2024, serta diserahterimakan kepada Sekretariat Jenderal DPR, DPD dan MPR.

Sekjen DPR Indra Iskandar mengatakan pihaknya sudah melakukan persiapan untuk melakukan pelantikan 575 anggota DPR. Dia pun meminta para anggota yang akan dilantik besok untuk datang pukul 07.00 WIB. Hal itu dilakukan sebagai bentuk pengamanan anggota dari aksi unjuk rasa warga di depan Gedung DPR.

"Jadi lebih awal berangkat jam 07.00 tapi acara semua tetap sesuai jadwal kami mulai jam 10.00 setelah kedatangan bapak presiden dan wapres," kata Indra di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (30/9).

Indra menjelaskan, acara pelantikan akan dimulai sejak pukul 10.00 WIB dan selesai pada 11.40 WIB. Kemudian akan dilakukan rapat Badan Musyawarah atau Bamus yang diikuti oleh seluruh fraksi. Rapat itu guna menentukan jajaran pimpinan.

"Bamus dari semua fraksi-fraksi. Bamusnya akan setelah jam 2 akan kami pertemukan, pimpinan termuda dan tertua akan pimpin rapat bamus. Kami perkirakan sudah akan ketemu formatnya, DPR itu tidak sulit ya, semua sudah diatur jelas di dalam UU-nya," ungkapnya.

Setelah itu, bisa dilanjut dengan pelantikan pimpinan DPR. Pelantikan pimpinan DPR bisa saja dilakukan pada malam hari setelah rapat Bamus.

"Kalau staminanya masih kuat malam itu kami berkoordinasi dengan MA untuk langsung diadakan pelantikan, malamnya, DPR. Kalau terlalu lelah, besok paginya, tanggal 2," tutupnya.

Pelantikan anggota DPR periode 2019-2024 akan dilakukan di Gedung Kura-kura, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.