Sapi Masuk Lahan Tebu Kena Denda, Warga Demo Pabrik Gula Arasoe

BONEPOS.COM, BONE - Sejumlah warga dari Kecamatan Cina, Mare, dan Sibulue, Kabupaten Bone, mendatangi Pabrik Gula Arasoe, di Desa Arasoe, Kecamatan Cina, Rabu, (2/10/2019).

Warga menggelar unjuk rasa (Demo) untuk mempertanyakan terkait sapi mereka yang masuk di lahan Pabrik Gula Arasoe ditangkap oleh pihak petugas (Satpam) Pabrik Gula Arasoe kemudian didenda ratusan ribu rupiah.

"Kedatangan kami disini untuk mempertanyakan aturan itu, karena aturan itu tidak pernah disosialisasikan ke masyarakat dan kami ingin tau dikemanakan uang hasil denda itu," kata Koordinator aksi, Andi Ilham.

Menurutnya, salah satu asas penyelenggaraan perkebunan yang diatur dalam undang-undang no 39 tahun 2014 adalah pada pasal 2 disebutkan pada poin a meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat. Namun dalam praktik di lapangan justru menyengsarakan rakyat.

"Mengapa hal itu terjadi, karena kebijakan manejemen Pabrik Gula Arasoe membuat kebijakan yang sangat bertentangan dengan sosialita dan aturan yang berlaku mengkebiri rakyat utamanya para pengusaha ternak sapi yang terancam dan menerapkan ketakutan oleh para eksekutor dengan mendapatkan keuntungan yang menyimpang," jelasnya.

Dari pantauan, warga yang menduduki Pabrik Gula Arasoe diterima langsung Manager Pabrik Gula Arasoe, A Arwan Arif. Kata dia, terkait denda senilai ratusan ribu itu pihaknya tidak menahu.

"Denda itu saya jamin tidak ada masuk di manajemen, saya ini baru lima bulan disini. Terkait denda yang disebutkan warga, itu oknum yang melakukan dan tentu akan ditindak," tegasnya.

Penulis: Adi Saruga