Bappeda Sinjai Matangkan Konsep RTRW

BONEPOS.COM, SINJAI - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sinjai helat Seminar tentang Revisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) yang dipusatkan di Ruang Rapat Kantor Bappeda, Kamis (3/10/2019).

Asisten Ekonomi Pembangunan Pemkab Sinjai, Nikmat Baddare Situru menjelaskan, tujuan dari kegiatan ini untuk mensingkronisasikan isi dari Peraturan Daerah Kabupaten Sinjai tahun 2019 tentang RTRW.

"Tujuannya untuk mewujudkan tatanan ruang yang asri, produktif, dan berkeadilan melalui optimalisasi sumber daya alam secara berkelanjutan serta di dukung kualitas SDM yang unggul dan berdaya saing," jelas Nikmat.

Menurutnya, kegiatan ini dimaksudkan juga untuk memberikan informasi dan klarifikasi berbagai hal terkait dengan revisi RTRW di Bumi Panrita Kitta.

"Kita berharap adanya informasi berbagai ketentuan teknis yang menjadi acuan di dalam mendayagunakan rencana tata ruang di Kabupaten Sinjai serta meningkatnya pengetahuan mengenai penataan ruang baik," tuturnya.

Kegiatan ini, bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Pusat Penataan Ruang dan Lingkungan Hidup Universitas Bosowa Makassar.

Syafri dari Universitas Bosowa bilang, isu pembangunan berkelanjutan prioritas yang dirumuskan merupakan akar masalah dalam perencanaan pembangunan kewilayahan di Sinjai.

"Apalagi saat ini kegiatan yang menjadi motor pertumbuhan perkotaan di Sinjai adalah kegiatan perkantoran, pariwisata, perdagangan dan jasa. Namun demikian secara umum seluruh kegiatan masih berorientasi spesial ke kawasan di pusat kota," katanya. (ril)