Begini Strategi Kemendagri Atasi Milenial Terlibat Aksi Demonstrasi

BONEPOS.COM, JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI mulai menyasar anak muda. Melalui Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum sejumlah kegiatan melibatkan mahasiswa dan pelajar agar berperan aktif dalam pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu).

Tidak sekadar mengejar angka partisipasi, tetapi pelibatan Milenial untuk memberikan pemahaman mengenai peran penting anak muda dalam kehidupan berdemokrasi serta pengembangan etika dan budaya politik.

Implementasi dilakukan dengan membentuk Forum Demokrasi Pemilu serentak tahun 2019 dan pendidikan etika dan budaya politik di beberapa daerah yang diikuti mahasiswa dan pelajar di beberapa daerah di Tanah Air.

Mengenai ikut terlibatnya kalangan mahasiswa dan pelajar pada aksi demonstrasi, beberapa waktu lalu, jajaran Kementerian Dalam Negeri khususnya Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum menyadari betul posisi dari anak muda yang masih mencari jati diri. Namun demikian, pihaknya akan terus memberikan pemahaman tentang kehidupan berdemokrasi yang mengedepankan etika dan budaya.

"Hal-hal telah dirancang oleh Kemendagri, yaitu menambah volume pelaksanaan kegiatan yang melibatkan anak muda dalam hal ini mahasiswa dan pelajar serta melaksanakan event ataupun lomba cerdas cermat yang bernilai kebangsaan guna menstimulus pemikiran kritis dari anak muda sehingga anak muda yang merupakan agen perubahan memahami betul peran penting mereka yang di dalam kehidupan berdemokrasi dan kepentingan pembangunan Negara Republik Indonesia," jelas Kapuspen yang juga Plt. Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Bahtiar di Jakarta, Minggu (06/10/2019). (ril)