Hari Kesehatan Jiwa Sedunia, Tekad RSUD Sinjai Tingkatkan Pelayanan

BONEPOS.COM - SUPARMAN WARIUM Direktur RSUD Sinjai, dr.Amaluddin

BONEPOS.COM, SINJAI - Ada berbagai cara dilakukan memperingati Hari Kesehatan Jiwa Sedunia yang jatuh setiap 10 Oktober. Seperti yang dilakukan di RSUD Sinjai.

Kepada Bonepos.com, Direktur RSUD Sinjai, dr.Amaluddin bercerita, upaya memperingati dengan memberikan pelayanan kesehatan jiwa dua kali dalam seminggu.

Dijelaskannya, dokter spesialis jiwa yang ada di RSUD Sinjai adalah dokter spesialis jiwa yang statusnya PNS definitif di RSUD Bantaeng.

"Selama ini sudah berlangsung berupa pelayanan rawat jalan. Namun demikian, pelayanan rawat jalan itu baru bisa kami berikan sebanyak dua kali seminggu, yakni, hari Jumat dan Sabtu. Itu karena dokter spesialis jiwa yang ada di rumah sakit Sinjai ini adalah dokter spesialis jiwa yang merupakan PNS definitif di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Bantaeng. Jadi masih status kerjasama," ungkap Amaluddin saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (10/10/2019).

"Sampai sekarang rawat inap untuk pelayanan kesehatan jiwa belum bisa kita berikan pelayanan, lantaran faktor sarana dan SDM tadi. Karena kalau itu tidak ada maka kita khawatir pasien yang mengalami gangguan kesehatan jiwa bisa mengganggu pasien-pasien umum lainnya," sambungnya.

Amaluddin berharap agar kedepannya RSUD Sinjai sudah memiliki perawatan khusus jiwa serta dokter spesialis jiwa.

Penulis: Suparman Warium