Pertama di Bone, Pemilihan Ketua OSIS Terapkan Sistem E-Voting

BONEPOS.COM - SUGIANTO Pemilihan secara E-Voting, diawali oleh Ketua OSIS Periode 2018-2019 dilanjutkan dengan kedua Paslon dan secara bergiliran dari masing masing kelas.

BONEPOS.COM, BONE - Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Bone gelar pemilihan Ketua organisasi siswa intra sekolah (OSIS), Kamis (10/10/2019). Pesta demokrasi di lingkungan sekolah digelar secara online.

Pilketos 2019 di MAN 1 Bone tersebut pertama kalinya berlangsung di sekolah Madrasah di lingkup Kementerian Agama Kabupaten Bone.

Menariknya, sistem pemungutan suara pesta demokrasi siswa ini ternyata menerapkan voting elektronik alias e-voting. Sehingga membuat pilketos di MAN 1 Bone itu selangkah lebih maju dibandingkan Pilkada, Pileg maupun Pilpres lalu.

Pembina OSIS dan MPK Mappiati mengatakan, Pilketos sistem e-voting ini adalah inovasi dan terobosan baru MAN 1 Bone.

"Ini baru pertama kali dilaksanakan sistem e-voting, tujuannya agar siswa dapat memahami sistem pemilihan secara elektronik dan menjamin terciptanya sistem demokrasi yang Luber," tuturnya.

Dia mengharapkan sistem e-voting MAN 1 Bone ini, bisa menjadi percontohan yang baik dalam sistem pemilihan ketua OSIS. "Sistem e-voting ini bisa menjadi percontohan karena selain biaya murah juga proses perhitungan suara secara cepat," kata Mappiati.

Kegiatan tersebut diprakarsai oleh Majelis Perwakilan Kelas (MPK) dimana sebelumnya membentuk komisi pemilihan OSIS dan melibatkan 1.140 siswa sebagai pemilih.

Acara tersebut dibuka Wakamad Kesiswaan Abdul Azis dan dihadiri pelaksana tugas Kepala MAN 1 Bone Agustan AW beserta para guru.