Di Balik Pesan Pesta Adat Ma’rimpa Salo Di Sinjai

BONEPOS.COM, SINJAI - Pesta Adat Ma'rimpa Salo yang diadakan di Takkalala, Desa Sanjai, Kecamatan Sinjai Timur, Kabupaten Sinjai, Provinsi Sulawesi Selatan, berlangsung meriah, Kamis (10/10/2019).

Gelaran tersebut dihadiri Wakil Bupati Sinjai, Andi Kartini Ottong. Orang nomor dua di Bumi Panrita Kitta ini mengatakan, Pesta Adat Ma'rimpa Salo, merupakan event budaya yang terselenggara setiap tahunnya.

Juga ajang tersebut sudah menjadi Calender Of Event Provinsi Sulawesi Selatan. Event sarat makna dan nilai filosofi positif dalam rangka Penguatan budaya lokal serta jati diri masyarakat.

Pengembangan adat budaya daerah, kata Kartini, tidak hanya sebagai upaya mengembangkan wisata budaya di daerah ini, melainkan dijadikan sebagai identitas jati diri keragaman budaya, dan patut bersyukur dan bangga keragaman budaya yang sejak dahulu kala masih terpelihara hingga saat ini.

"Partisipasi aktif dari masyarakat merupakan kunci dalam penyelenggaraan Pesta Adat Ma'rimpa Salo kali ini,". Tuturnya.

Kepala Disparbud Sinjai Haerani Dahlan bilang, gelaran tersebut dalam rangka melestarikan tradisi budaya dan kearifan lokal masyarakat Kabupaten Sinjai. Kemudian untuk mengangkat dan memperkenalkan potensi budaya sebagai salah satu potensi wisata bagi seluruh masyarakat.

"Mendukung peningkatan jumlah kunjungan wisata khususnya wisatawan yang mencintai budaya lokal di Kabupaten Sinjai," ucapnya. (ril)