Berikut Profil Arteria Dahlan yang Katakan Prof Emil Sesat

Arteria Dahlan dan Emil Salim

BONEPOS.COM. JAKARTA - Nama Arteria Dahlan, politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menjadi perbincangan warganet karena dianggap tidak sopan saat beradu argumen dengan ekonom senior Profesor Emil Salim. Bukan kali ini saja gaya debat Pria kelahiran Jakarta 7 Juli 1975 memicu kontroversi. Berikut rangkuman profir Arteria Dahlan :

1. Biodata Arteria Dahlan

Arteria yang lahir di Jakarta 7 Juli 1975 ini tercatat sebagai anggota Fraksi PDI Perjuangan di DPR RI. Di periode 2014 - 2019 dia duduk di Komisi III DPR RI yang membidangan masalah hukum dan keamanan. Sebelum ke politik, dia berprofesi sebagai pengacara.

2. Karir

Selain berprofesi sebagai pejabat, nama Arteria Dahlan telah dikenal sebagai seorang pengacara. Berawal dari status magangnya di kantor hukum Hadiputranto & Partners pada tahun 1999-2000.

Pada tahun 2000-2002 ia mulai meniti karir sebagai pengacara di kantor hukum Hutabarat, Halim & Rekan. Setelah itu, ia kembali bekerja sebagai senior lawyer selama 3 tahun dari 2002-2005 di Bastaman & Co dan dilanjutkan sebagai partner di kantor yang sama sejak tahun 2005-2009.

Pengalamannya yang telah banyak ia dapatkan mulai meyakinkannya untuk mulai membangun kantor hukum sendiri yang bernama Arteria Dahlan Lawyers pada tahun 2009.

Pada 23 Maret 2015, ia dilantik menjadi Pejabat Antar Waktu (PAW) DPR RI periode 2014-2019 menggantikan Djarot Syaiful Hidayat yang sedang menjabat sebagai wakil gubernur DKI Jakarta. Kini, ia menjabat sebagai anggota DPR RI periode 2019-2024 yang menangani bidang hukum, HAM dan keamanan.

3. Pendidikan

Lulus dari SMA 70, Jakarta Selatan pada 1993, Arteria melanjutkan belajar di Teknik Elektro-Diploma , Universitas Trisakti (1993 - 1999). Di saat yang sama dia juga kuliah di Ilmu Hukum-S1, Universitas Indonesia (1994 - 1999). Arteria kemudian melanjutkan kuliah S2 Ilmu Hukum Ketatanegaraan Universitas Indonesia hingga meraih gelar master pada 2014.

4. Kontroversi Arteria Dahlan

Sebagai politikus, Arteria dikenal vokal. Namun beberapa kali gaya debatnya baik saat sidang di DPR RI mau pun di talk show televisi memicu kontroversi. Pada 28 Maret 2018 lalu, nama Arteria juga ramai diperbincangkan karena menyebut Kementerian Agama dengan kata 'Ba*g**t. Sehari kemudian dia meminta maaf jika ada yang tersinggung dengan ucapannya.Kali ini warganet kembali riuh dengan gaya debat Arteria Dahlan. Pasalnya di acara Mata Najwa yang ditayangkan di Trans7 pada Rabu malam, Arteria saat berdebat sampai menuding-nuding Profesor Emil Salim. Arteria juga menuding Emil yang seorang politikus senior itu sesat.

Nama Arteria Dahlan pun memuncaki trending topic di Twitter dan Media Sosial lainnya. Sejumlah influencer malah mendesak Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri meminta maaf kepada Emil Salim atas perilaku Arteria Dahlan tersebut.

Arteria meminta publik menonton utuh video debatnya dengan Emil Salim sebelum memberikan penilaian.

Dia bicara keras karena menilai Emil Salim sudah bicara di luar konteks materi diskusi.

"Coba aja lihat secara utuh, lihat secara utuh videonya seperti apa," kata Arteria Dahlan

Editor: Redaksi Bonepos