Mekanik Franco Katakan, Rossi Tak Akan Bisa Juara MotoGP Lagi

Valentino Rossi

BONEPOS.COM - Mekanik pebalap Petronas Yamaha SRT Franco Morbidelli, Ramon Forcada, mengatakan The Doctor tak akan bisa lagi juara MotoGP.

Faktor usia dianggapnya sebagai salah satu yang membuatnya terlempar dari persaingan gelar juara di ajang balapan motor paling bergengsi tersebut.

"Juara dunia [MotoGP]? Tidak. Balapan bakal sangat sulit untuk dikatakan. Menurut saya sangat sulit [Rossi] memenangkan balapan di trek kering."

"Bisa dibilang balapan yang langka, namun [bersaing] dengan para pebalap muda dengan kecepatan yang mereka miliki, memenangkan balapan dalam situasi normal amat sulit," ujar Forcada dikutip dari Marca.

Rossi disebut salah satu pebalap spesialis di sirkuit basah. Sementara balapan kali ini lebih sering dengan sirkuit kering.

Forcada mengungkapkan faktor lainnya yang membuat Rossi sulit berpeluang meraih juara MotoGP lagi.

"Teknik balapan saat ini sudah banyak berubah dan juga ada faktor motivasi," terang mantan mekanik Jorge Lorenzo dan Maverick Vinales tersebut.

Keputusan Rossi untuk memilih David Munoz sebagai direktur tekniknya yang baru dinilai Forcada erat kaitannya dengan motivasi sang pebalap.

"Dengan perubahan ini, Rossi ingin memotivasi dirinya. Jelas sekali Rossi tidak akan mencari mekanik berpengalam selain untuk memotivasi dirinya sendiri."

"Hal yang sama terjadi ketika dia mengganti Burguess dengan Galbusera pada 2014," terang Forcada.

Meski demikian, Forcada menilai Rossi tetap tak memiliki kans untuk menjuarai MotoGP kendati memiliki kebebasan dalam mengganti mekanik di timnya.

Editor: Redaksi Bonepos