Pj Wali Kota Gandeng Wanita Garap Pekarangan Rumah, Ini Misinya

BONEPOS.COM, MAKASSAR - Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb ambil bagian pada pelaksanaan panen di dua kecamatan, yakni Bontoala dan Manggala, Sabtu (12/10/2019).

Panen yang dilakukan berupa cabai, tomat, dan sayuran. Hal ini merupakan program pengendalian kawasan peduli inflasi pemerintah kota melalui Dinas Ketahanan Pangan bekerja sama dengan Bank Indonesia.

Iqbal Suhaeb menjelaskan, program pengendalian inflasi merupakan salah satu wujud kepedulian pemerintah daerah dalam hal ini untuk tersedianya kestabilan harga cabai di kota Makassar.

"Kita tahu salah satu produk yang sangat fluktuatif harganya saat ini adalah cabai, rangenya mulai dari belasan ribu sampe ratusan ribu per kilogramnya. Beberapa tempat malah cabai bisa per kilonya lebih dari seratus ribu jadi jangan kita sia-siakan pekarangan kita untuk dimanfaatkan menanam hortikultura," ujar Iqbal.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Makassar Sri Susilawati berujar, hasil dari budidaya yang ini dilakukan kepada Kelompok Wanita Tani (KWT) dalam menekan laju inflasi, khususnya pada tanaman hortikultura.

Sri menyebut ada empat tahapan yang harus dilaksanakan dalam melakukan budidaya ini, diantaranya melakukan sosialisasi perkenalan kepada KWT, penumbuhan dan pengembangan dengan melakukan pendampingan oleh penyuluh, dan tahap terakhir adalah kemandirian.

"Kita berharap mereka sudah dapat merasakan hasilnya, mereka dapat terampil untuk berbudidaya sendiri. Apalagi saat ini mereka sudah memasarkan hasil produknya di toko-toko retail dan rumah-rumah makan," kuncinya. (ril)