Pemkab Soppeng Siapkan Nikah Gratis, Begini Caranya

BONEPOS.COM, SOPPENG - Kabar gembira bagi mereka yang ingin menikah, namun terkendala faktor ekonomi. Lantaran, pemerintah daerah Kabupaten Soppeng menyiapkan program khusus berupa bantuan dengan gelaran Sidang Isbat Nikah Terpadu. Seperti yang digelar mulai 11 Oktober 2019.

Sidang isbat nikah terpadu tersebut digelar di setiap kecamatan di Wilayah Kabupaten Soppeng melalui program pemerintah Kabupaten Soppeng dengan bekerjasama dengan Pengadilan Agama dan Kementerian Agama Kabupaten Soppeng.

Kabag Administrasi Kesra Setda Soppeng, Andi Risga Sarwaty menjelaskan, pelaksanaan Sidang Isbat Nikah Terpadu merupakan salah satu bagian program pemerintah untuk memfasilitasi masyarakat yang pernikahannya belum tercatat secara hukum negara.

"Biayanya gratis semua, seperti biaya sidang, penerbitan buku nikah dan penerbitan akta kelahiran melalui Dukcapil," ucap Risga, Senin (14/10/2019).

Sekadar diketahui, data warga pasangan suami istri yang mengikuti Sidang Isbat pada tahun 2018 lalu sebanyak 156 pasangan dan di Tahun 2019 ini, sudah mencapai 138 pasangan suami istri. (ads)