Tangkal Dini Penyakit Mata Pada Anak, Diskes Sinjai Atensi Hal Ini

BONEPOS.COM, SINJAI - Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Sinjai gelar sosialisasi kesehatan mata anak untuk dokter umum yang bertugas di tingkat Puskesmas. Gelaran ini diadakan di Ruang pertemuan Wisma Sanjaya, Senin (14/10/2019).

Kegiatan tersebut dibuka Kepala Dinas Kesehatan Sinjai, Andi Suryanto Asapa yang dihadiri peserta Kepala Bidang P2P, Kepala Seksi PTM, 16 Dokter umum Puskesmas, District Trainer, dan HKI.

Andi Suryanto mengatakan, berdasarkan data dari WHO, ada kurang lebih 500 anak di Indonesia yang setiap tahunnya bisa mengidap penyakit mata atau mengalami kebutaan.

"Dengan dasar inilah kegiatan sosialisasi dan pelatihan ini digelar yang merupakan bantuan Helen Keller yang merupakan bantuan dari luar negeri," ungkapnya.

Suryanto menambahkan, pelatihan ini merupakan pelatihan ke empat. Sebelumnya dilakukan pengkaderan yang dilakukan khusus untuk dokter umum. Tujuannya memang menyasar ke arah penyakit mata anak-anak.

"Ini memang sangat bermanfaat karena anak-anak rentan akan terkena penyakit mata, terutama yang suka menonton televisi, main HP. Ini yang akan coba dilihat dari tim baik dari rumah sakit atau pun semua dokter yang dilatih, hingga cakupan dalam rangka penemuan anak-anak yang mengalami gangguan mata itu bisa lebih cepat dan juga bisa lebih cepat penanganannya," ungkapnya. (aco)