Begini Jadinya Kalau Bupati Bone Dan Wali Kota Baubau Bertatap Muka

BONEPOS.COM, BONE - Suasana penuh kekeluargaan tersaji kala dua pemimpin daerah, Bupati Bone Andi Fahsar M Padjalangi bertemu Wali Kota Baubau AS Tamrin.

Pertemuan kedua kepala daerah ini terjadi pada suasana Hari Jadi Baubau ke-478 yang di pusatkan di Lapangan Lembah Hijau, Kota Bau-Bau, Provinsi Sulawesi Tenggara, Rabu (16/10/2019).

Pemkab Bone ambil bagian dalam gelaran tahunan ini, melalui Laskar Kerajaan Bone. Ada 47 orang yang tampil dengan mengusung Tema "Laskar Lawida". Di mulai 3 Kepala Desa Wanita (Kepala Desa Cakkebone, Kepala Desa Lapongrong dan Kepala Desa Masago) selaku Srikandi di garis depan.

Panji-Panji Kerajaan Bone sebagai pembuka rombongan laskar turut dihadirkan di Festival Pesona Kota Tua Kesultanan Buton, yakni Bendera Worong Porong, Sampangrajae, Garudae, Cella Riatau dan Cella Riabio.

Ada 18 Laskar Lawida (pasukan wanita) dari gabungan utusan OPD Kabupaten Bone mengawal Raja melewati podium kehormatan diikuti pengiring musik tradisi beserta Sanro (orang pintar) dan tokoh adat/ulama pada zaman kerajaan.

Bupati Bone, Andi Fahsar Mahdin Padjalangi dijadwalkan akan menghadiri beberapa agenda penting di Kota Baubau diantaranya, Upacara Hari Jadi yang diselenggarakan di Lapangan Kantor Wali Kota Bau-Bau dilanjutkan prosesi adat Santiago dan Haroa Pakakandekandea di Benteng Keraton Kesultanan Buton, Kamis (17/10/2019) besok. (ril)