Kala Disdik-Diskes Sinjai Masifkan Germas

BONEPOS.COM, SINJAI - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sinjai menindaklanjuti Sosialisasi Program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) oleh Dinas Kesehatan (Diskes) melalui pelaksanaan Kegiatan Makan Buah Sekali Dalam Seminggu di lingkungan sekolah, Rabu (16/10/2019). Seperti yang dilakukan di SMPN 6 Sinjai Timur dan SMPN 36 Kecamatan Sinjai Borong.

Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai, Dr. Andi Suryanto Asapa menjelaskan, Germas merupakan Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2017.

Germas ini sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan bagi setiap orang untuk hidup sehat agar peningkatan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya dapat terwujud.

"Melalui kampanye Germas yang erat kaitannya dengan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) ini, kami berharap kepada guru maupun siswa dapat membudayakan pola hidup sehat sejak dini," jelas Suryanto.

Dalam rangka mendukung kegiatan penggerakan masyarakat ini, Disdik juga telah melaksanakan Rapat Tim Pembina Germas dalam persiapan Penggerakan Masyarakat dalam rangka Implementasi Kampanye Germas di seluruh sekolah di Kabupaten Sinjai.

Kepala seksi Kesiswaan dan Pembangunan Karakter, Rifyal Mukarram mengharapkan, agar seluruh sekolah untuk mensosialisaikan Germas makan buah sekali dalam seminggu di sekolah masing-masing.

Menurut Rifyal, Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) sebagai salah satu program di sekolah mempunyai keterkaitan dengan Germas, karena UKS mempunyai tujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi belajar peserta didik dengan meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat serta menciptakan lingkungan pendidikan yang sehat. Sehingga nantinya memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan yang harmonis bagi peserta didik. (ril)