Kantongi IMB, Begini Alasan Distaru Makassar Tetap Segel Ruko

BONEPOS.COM, MAKASSAR - Jangan asal membangun di Kota Makassar. Masyarakat wajib mengantongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) yang sesuai untuk membangun. Kalau tidak, sanksi menanti.

Seperti yang dilakukan Dinas Penataan Ruang (Distaru) Kota Makassar melalui Bidang Penertiban Ruang dan Bangunan melaksanakan penyegelan pada
bangunan ruko permanen yang beralamat di Jalan Andi Muh. Tahir, Kelurahan Jongaya, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar, Senin (14/10/2019).

Kepala Seksi Pelayanan Informasi Tata Ruang dan Bangunan Dinas Penataan Ruang Kota Makassar, Aswin Ressang menjelaskan, penyegelan dilakukan lantaran pelaksanaan bangunan yang tidak sesuai dengan IMB diterbitkan pemerintah Kota Makassar.

Selain itu, kata Aswin, pemilik bangunan tidak pernah mengindahkan surat teguran dari Dinas Penataan Ruang Kota Makassar.

"Landasan kegiatan ini pada Perwali Nomor 25 tahun 2014 tentang Penertiban Bangunan," jelas Aswin, Rabu (16/10/2019).

Pelaksanaan penyegelan, kata Aswin bertujuan sebagai upaya agar penyelenggaraan penataan ruang dan bangunan yang efektif di kota makassar dapat diwujudkan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan berlaku.

Selain itu, juga untuk memberi sanksi kepada pemilik bangunan yang melakukan pelanggaran pelaksanaan di lapangan baik terhadap bangunan yg tidak didasari IMB maupun terhadap bangunan yang pelaksanaannya tidak sesuai IMB dimiliki. (ril)