Pekan Raya Sulsel, Pengunjung Penasaran di Stan Sinjai

*) Pekan Raya Sulsel, Pengunjung Penasaran Di Stan Sinjai

BONEPOS.COM, SINJAI - Kabupaten Sinjai selalu kaya inovasi. Buktinya, hasil kerajinan siswa-siswi SMU Negeri 1 Sinjai tampil memikat para pengunjung Pekan Raya Sulawesi Selatan yang dipusatkan di Celebes Convention Center Makassar, Kamis (17/10/2019).

Pada ajang promosi wisata dan multi produk dalam rangka hari jadi Provinsi Sulawesi Selatan ke-360, Kabupaten Sinjai mendapat apresiasi dari Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah yang diwakili staf ahli bidang pemerintahan, Mustari Soba.

Mustari saat bertandang ke stand Kabupaten Sinjai sempat menikmati berbagai produk olahan hasil inovasi mulai dari makanan dan minuman khas daerah berjuluk Bumi Panrita Kitta.

"Khusus minum khas atau yang biasa di kenal irex bagi saya ini harus dipelihara karena ini minuman khas lokal apalagi boleh dikata sudah menasional. Namun tinggal bagaimana kiat Pemkab Sinjai melakukan promosi besar-besaran sehingga ke depan produknya bisa dikenal luas," jelas Mustari didampingi Kadis Perindag dan Penanaman Modal Sinjai, Muh Ramlan Hamid.

"Suatu daerah dikenal bukan hanya sekadar nama tapi salah satunya produknya. Nah, dari situlah selain membawa nama daerah juga berkontribusi ke Pemprov Sulsel. Mereka akan tahu kalau ternyata minuman khas itu ada di Sinjai, Sulawesi Selatan," sambungnya.

Pekan Raya keenam tahun ini menyuguhkan pameran berbagai multi produk dan kepariwisataan yang terbesar di Sulawesi Selatan, diikuti puluhan peserta dari berbagai kabupaten/kota di Sulsel. Pekan Raya ini diselenggarakan mulai 17 hingga 20 Oktober 2019 mendatang.

Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan, yang diwakili Mustari Soba berujar, setiap daerah yang memiliki potensi dan banyak menghadirkan bahan pameran pasti cepat berkembang.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sinjai, Haerani Dahlan mengungkapkan untuk Sinjai sendiri di Pekan Raya kali ini mengangkat 'Tongke-tongke'.

"Tema ini sesuai dengan kondisi hutan bakau Tongke-tongke. Selain destinasi wisata hutan bakaunya suguhan makanan olahan yang bahannya terbuat dari buah bakau. Bahkan hampir semua pernak pernik lainnya pun banyak yang bernuansa bakau seperti ranting kering yang menjadi ornamen booth stan Kabupaten Sinjai," tandasnya. (ril)