Sinjai Kaya Potensi Budaya, Wabup Kartini: Harus Dikemas

BONEPOS.COM, SINJAI - Pemerintah Kabupaten Sinjai helat Pesta Adat Mappogau Sihanua di Rumah Adat Karampuang, Desa Tompobulu Kecamatan Bulupoddo, Kabupaten Sinjai, Kamis (17/10/2019).

Pesta Adat Mappogau Sihanua ini menjadi event budaya tahunan di daerah berjuluk Bumi Panrita Kitta, sarat dengan makna filosofi dalam rangka penguatan budaya lokal serta jati diri masyarakat.

Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sinjai, Andi Mandasini mengatakan dalam laporannya, tujuan pesta adat, untuk melestarikan budaya dan kearifan lokal masyarakat Kabupaten Sinjai, khususnya di Komunitas Adat Karampuang Desa Tompobulu Kecamatan Bulupoddo.

Hal ini sejalan dalam upaya meningkatkan dan memperkenalkan potensi wisata khususnya wisata budaya di Kabupaten Sinjai. Meningkatkan solidaritas dan kebersamaan masyarakat serta mempertahankan sifat gotong royong di kalangan masyarakat.

Sementara itu, Wakil Bupati Sinjai, Andi Kartini Ottong bilang, sebagai warga Kabupaten Sinjai, tentunya patut bersyukur kepada Allah SWT, karena daerah Sinjai menyimpan banyak potensi budaya.

Dikatakan Kartini, apabila potensi budaya dikemas dengan baik akan menjadi aset yang tak ternilai harganya untuk membentuk karakter dan budi pekerti masyarakat yang tangguh serta dapat menjadi penopang dalam mengembangkan industri pariwisata. (ril)