Keponakan NH Pimpin Garda Nusantara Bone

BONEPOS.COM, BONE - Jelang pelantikan pimpinan dan pengurus Garda Nusantara Sulsel, pembentukan pengurus terus dilengkapi di tingkat kabupaten/kota.

Setelah Wajo dan Sinjai, giliran Bone terbentuk. Garda Nusantara di Bumi Latenritatta akan dinakhodai politisi muda Partai Hanura, Rismono Sarlim B.Bus setelah menyatakan ikut bergabung baru-baru ini.

Rismono yang tak lain adalah kemenakan tokoh nasional Golkar, Nurdin Halid, menyatakan siap menggalang anak muda Bone untuk berkreasi melalui Garda Nusantara.

"Garda Nusantara menjadi wadah yang penting bagi anak muda. Selain untuk berkreasi, Garda Nusantara ini mengajak anak muda untuk mengembangkan diri melibatkan diri dalam mengawal kepentingan sosial di tengah masyarakat," ujar Rismono di Watampone, Jumat (18/11/2019).

Menurutnya, Garda Nusantara Bone tidak akan membatasi diri untuk menampung anak muda saja melainkan seluruh kelompok usia yang peduli bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Terutama, kata dia, untuk mengawal roda pemerintahan di daerah itu. Program pemerintah butuh pengawalan agar benar-benar pro rakyat.

"Kepedulian kita pada masyarakat di bawah adalah bagaimana kita mengawal dan mengawasi program pemerintah. Begitupun sebaliknya. Kita perlu mengawal kepentingan masyarakat untuk disampaikan kepada pemerintah. Advokasi itu perlu agar masyarakat menerima haknya sebagai warga negara," jelasnya.

Menurutnya, Kabupaten Bone merupakan wilayah terluas di Sulawesi Selatan dengan 300 an desa/kelurahan. Sehingga, terkadang sentuhan pemerintah masih sulit untuk mengjangkau seluruh kepentingan masyarakat secara menyeluruh dalam waktu yang cepat.

Menurut Rismono, masih banyak hak-hak warga Bone yang belum belum tersentuh secara adil dan menyeluruh. Karena itu, melalui Garda Nusantara, pihaknya akan menjadi salah satu elemen masyarakat yang siap mengadvokasi warga untuk menerima haknya dari pemerintah.

"Kami siap menjadi "jembatan" antara masyarakat dan pemerintah. Demikian sebaliknya. Membantu pemerintah dalam menjalankan misinya kepada masyarakat hingga ke desa," pungkas Rismono. (ril)