BPBD Sinjai Bekali Warga Sadar Dini Pencegahan Bencana

BONEPOS.COM, SINJAI - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sinjai menjadi narasumber pada Pertemuan Kelompok Kerja (Pokja) Kampung Keluarga Berencana (KB) di Desa Lappa Cinrana, Kecamatan Bulupoddo, Kabupaten Sinjai, Jumat, (18/10/2019).

Kepala Seksi Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Sinjai, Syamsul Ahmad, mengatakan, upaya pengetahuan dini terkait kebencanaan kepada masyarakat, penting dilakukan.

Dengan adanya program ini merupakan inovasi yang strategis dalam memberdayakan masyarakat, sehingga Pokja Kampung Keluarga Berencana (KB) ini, stakeholder terkait bisa saling bersinergi. Alhasil apa yang diharapkan bisa berjalan dengan baik.

"Kondisi cuaca misalnya hujan, panas, angin kencang dan kejadian bencana lain seperti gempa, tsunami, banjir, tanah longsor, kebakaran dan sebagainya adalah sesuatu hal yang bisa diperkirakan, namun tidak bisa dicegah kedatangannya, apalagi tidak terjadwal," papar Syamsul.

Selain tetap waspada, maka yang terpenting adalah antisipasi mengurangi risiko bencana yang ada, oleh karena itu perlunya memberikan pengetahuan dan pembekalan dini kepada masyarakat terkait beberapa bencana yang sering terjadi di sekitar. (ril)