Catat Tanggalnya, Ribuan Pusaka Dipamerkan di Bone

BONEPOS.COM, BONE - Ada berbagai macam cara dilakukan dalam memperingati hari Sumpah Pemuda. Seperti yang direncanakan Galeri Pusaka Hitam Putih.

Gelaran yang akan dilaksanakan, berupa Pameran Pusaka dan Pagelaran Seni Budaya. Dijadwalkan, ajang ini akan dilaksanakan selama dua hari, 26-27 November 2019.

Kegiatan ini dihelat di pelataran Lapangan Petta Nambung, Jalan Sungai Tangka, Kelurahan Manurunge, Kecamatan Tanete Riattang.

Ketua Panitia, Anto Syambani Adam mengemukakan, diperkirakan ada ribuan bilah benda pusaka dari wilayah Bone dan luar Bone yang akan dipamerkan, nantinya.

"Untuk pagelaran seni, akan kami tampilkan berbagai penampilan termasuk tari tarian, gendang bajo, ma'mencak (silat), sigajang laleng lipa, massallo kawali dan lain," paparnya.

Penasehat Galeri Hitam Putih, Andi Dzulfikar Taufik berujar, kegiatan ini akan menjadi rutin setiap tahun dan menjadi rangkaian peringatan Hari Jadi Bone yang akan datang.

"Kegiatan ini dilaksanakan untuk melestarikan kecintaan terhadap parewa bessi dan menggali nilai-nilai kearifan lokal dalam, bahwa Bone adalah daerah yang beradat," tandasnya. (ril)