Pemkab Sinjai Genjot Pengembangan Industri Rokok

BONEPOS.COM, SINJAI - Sekretaris Daerah Kabupaten Sinjai, Akbar menghadiri Pelatihan Manajemen Kewirausahaan di Warung Sinjai, Sabtu (19/10/2019).

Gelaran ini merupakan kegiatan pembinaan dan pengembangan industri pengelolaan tembakau pada Dinas Perdagangan, Perindustrian, Energi dan Sumber Daya Mineral Kabupaten Sinjai.

Kepala Dinas Perdagangan Perindustrian dan ESDM Muh. Ramlan Hamid menjelaskan, pelatihan manajemen kewirausahaan terkait dengan pemanfaatan dana bagi hasil cipta tembakau yang ada di Kabupaten Sinjai.

"Sebenarnya sudah lama, tetapi output untuk Kabupaten khususnya dalam pendapatan kabupaten bagi hasil kita ini, sangat rendah. Sehingga kita berupaya untuk tahun ini kita melatih industri yang ada, bagaimana mereka memperoleh pita cukai," tuturnya.

Adapun Akbar menyampaikan, pelatihan ini melibatkan pemateri dari provinsi. Berkolaborasi dan memberikan pemahaman khususnya berkaitan dengan pengadaan produktif tembakau.

"Dinas Perdagangan harus menumbuhkembangkan semangat masyarakat untuk melahirkan produksi, yang tentunya produksi itu dapat dijual secara resmi dan nantinya rokok dapat diberikan label cukai, sehingga bisa dijual di Kabupaten Sinjai dan juga di luar Kabupaten Sinjai," pungkasnya. (ril)