Salah Pilih Tas, Picu Gangguan Tulang

BONEPOS.COM - IST Dr.dr. Muhammad Sakti SpOT(K)

BONEPOS.COM, MAKASSAR - Hati-hati sebelum memilih tas yang akan digunakan. Salah satunya, pemilihan tas sekolah bagi si buah hati.

Kepada Bonepos.com, Dosen Orthopaedi dan Traumatologi Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Dr.dr. Muhammad Sakti SpOT(K) mengatakan, sebaiknya seperti anak sekolah memakai tas ransel.

"Sehingga pertumbuhan tulang juga jadi simetris," ujar Sakti, belum lama ini.

Kata Sakti, tas paling baik adalah tas ransel atau backpack. Karena beban berat tas tersebut didistribusikan dengan seimbang ke seluruh tubuh.

"Digantung pada kedua bahu, tidak pada salah satu bahu. Beban yang disarankan adalah sekitar 10 sampai 15 persen dari berat badan," jelas Sakti.

"Jadi bila berat badan 20 Kg, maka berat tas sebaiknya 2 sampai 3 Kg. Masalah yang paling sering timbul pemakaian tas tidak benar atau berat berlebih adalah nyeri pada tulang belakang, leher atau bahu," sambungnya.

Beban berat pada tulang belakang bisa menyebabkan penekanan pada saraf dan cedera pada tendon atau otot di bahu, leher atau tulang belakang.

Beberapa pasien mengeluh sakit tulang belakang atau kram pada tangan karena penjepitan pada bahu oleh gantungan tas yang terlalu ketat atau beban berlebih. (ril)