Ati Raja ‘Curi’ Perhatian Pj Iqbal, Ini Kisahnya

BONEPOS.COM, MAKASSAR - Film karya Sineas Makassar, terus bergeliat. Terbaru, Ati Raja.

Film Ati Raja mengangkat setting Makassar tahun 1940-an dengan keberagaman budaya dan agama yang sangat kental kala itu.

Hasil karya sineas Kota Anging Mammiri ini, mendapatkan apresiasi dari Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb. Hal tersebut disampaikan Iqbal saat menggelar pertemuan dengan produser beserta kru film Ati Raja, di ruang Sipakalebbi, lantai ll Kantor Wali Kota, Senin (21/10/2019).

"Kota Makassar merupakan salah satu kiblat film di Indonesia. Selain kota Jakarta yang memproduksi film-film lokal. Di film Ati Raja ini mengambil latar belakang Makassar tempo dulu, dengan keanekaragaman dan pembauran budaya dan etnis yang ada sejak dahulu di Sulsel," papar Iqbal.

Menurut Iqbal, film tersebut mengisahkan seorang keturunan Tionghoa bernama Ho En Jhi yang sangat cinta terhadap budaya kesenian Sulawesi Selatan sehingga dari tangannya lahir kesenian lagu-lagu daerah seperti Ati Raja (Kebesaran Jiwa).

"Kita akan dukung pemutaran perdana film Ati Raja bersamaan dengan HUT Kota Makassar ke-412. Kita akan ajak seluruh jajaran pemerintah kota untuk menyaksikan pemutaran film Ati Raja ini," tambahnya.

Produser film Ati Raja Arwan Tjahyadi menyambut baik pemutaran perdana film Ati Raja bersamaan dengan peringatan HUT Kota Makassar.

Sementara itu pemerhati film daerah Niki berharap film Ati Raja ini dapat sukses seperti film lokal sebelumnya seperti Uang Panai, dan Silariang. (ril)