Kasek Di Sinjai Wajib Dampingi Operator Dapodik

BONEPOS.COM, SINJAI - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sinjai, Akbar membuka kegiatan Sosialisasi Data Pokok Pendidikan (DAPODIK) jenjang pendidikan dasar Kabupaten Sinjai, Selasa (22/10/2019)

Ketua panitia Muh. Akbar Akib, menjelaskan, tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk menyamakan persepsi dan pemahaman para operator sekolah dalam pengelolaan sistem Dapodik.

Peserta yang diundang operator SMP sebanyak 42 orang, SD sebanyak 243 dan ketua gugus SMP dan SD sebanyak 40 orang, serta staf Dinas Pendidikan sebanyak 25 orang.

"Saya berharap setelah kegiatan ini para operator sekolah dapat memahami mekanisme setiap perubahan yang ada pada sistem Dapodik dan melakukan sharing setiap saat, memvalidasi dan memverifikasi minimal setiap semester," tuturnya.

Plt. Kepala Dinas Pendidikan A. Suriyanto Asapa berujar, operator sekolah memiliki peranan yang sangat penting dan menjadi penentu pencairan dana di sekolah. Karena operator sekolah yang mengolah semua data-data yang ada di sekolah.

"Saya berharap adanya keterlibatan para pengawas, kepala gugus, kementrian korwil serta khususnya kepala sekolah untuk mendampingi operator dapodik. Karena seperti yang kita ketahui bahwa keterlibatan kepala sekolah dalam pengelolaan Dapodik ini kurang aktif," tandasnya. (ril)