Peternak Bone Mulai Rasakan Teknologi Pakan Unhas

BONEPOS.COM, BONE - Tim Pengabdian dari Teknik Mesin Universitas Hasanuddin memberikan bantuan dan sosialisasi penggunaan alat pres pakan ternak sapi di Desa Tanah Tengnga, Kecamatan Palakka, Kabupaten Bone.

Pemberian bantuan ini merupakan Program pengabdian masyarakat berupa pengembangan usaha produk intelektual kampus (PPUPIK).

Dari rilis yang diterima Bonepos.com, Rabu (30/10/2019), Teknologi mesin Hay Bale tipe horizontal ini berfungsi untuk membantu peternak sapi dalam proses memindahkan dan menyimpan pakan ternak sapi berupa rumput atau jerami.

Kondisi sekarang, pakan sapi berupa rumput atau jerami hanya ditumpuk dan disimpan dalam gudang. Kondisi ini membutuhkan tempat yang luas dalam penyimpanan. Selain itu, dibutuhkan pula kendaraan dengan volume angkut yang besar dalam proses pemindahan dari area persawahan ke gudang.

Diharapkan teknologi ini, pakan sapi dipadatkan semakin mempermudah proses penyimpanan, rumput atau jerami dengan memperkecil ukuran. Diharapkan juga konsumsi sapi pada saat musim kemarau tetap terjaga.

Teknologi ini merupakan hasil rancangan dari mahasiswa dan dosen yang dilakukan pada laboratorium CAD/CAM teknik Mesin Unhas. Kedepannya akan dipatenkan Fauzan ST, MT, PhD, selaku dosen Teknik Mesin Unhas sehingga dapat diperjualbelikan kepada umum. (ril)