Janjikan Masuk Polisi, Oknum Honorer di Bone Nipu Ratusan Juta

BONEPOS.COM - HERMAN AR saat diamankan di Mapolres Bone.

BONEPOS.COM, BONE - Rupanya iming-iming masuk di Kepolisian masih membuat sebagian orang nekat menempuh segala cara, salah satunya dengan cara membayar hingga ratusan juta rupiah.

Hal ini pun dimanfaatkan AR, seorang oknum tenaga honorer di salah satu kantor Kelurahan di Bone. Dengan modus menjanjikan jadi polisi, AR menipu korbannya, Rabania, hingga Rp 206 juta.

AR yang kini mendekam dibalik jeruji besi sel tahanan Mapolres Bone, mengaku Dia, baru pertama kali melakukan penipuan tersebut.

Menurut AR, kepada korbanya Dai mengaku kalau punya keluarga yang menjadi salah satu petinggi di Mabes Polri, padahal hal itu hanya kedok untuk menipu korban.

"Saya tidak memiliki keluarga di Mabes Polri, dan ini juga baru pertama kali saya lakukan, sebelumnya belum pernah ada korban lainnya," kata Rosdiana kepada Bonepos.com, Kamis, (31/10/2019).

Kabid Humas Polres Bone AKP Daniel, menjelaskan, bahwa pelaku memperdayai korbannya dengan cara mengiming-iming anak korban untuk menjadi Polisi.

"Awalnya AR bertemu dengan Rabania. Dia menawarkan untuk menjadikan anakn korban masuk polisi tanpa harus mengikuti tes dan dijamin lulus," ungkap Daniel

Lanjut Daniel, kemudian pelaku meminta semua berkas milik anak korban, lalu selanjutnya meminta uang sebanyak Rp 250 juta sebagai uang pengurusan.

"Karena korban tidak bisa langsung bayar sekaligus, akhirnya pelaku dan korban menyepakati untuk dicicil, dan terkumpul total mencapai Rp 206 juta," jelasnya.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku dijerat dengan pasal 378 KUHP an 372 KUHP, dengan ancaman masing masing paling lama 4 tahun kurungan penjara. (her/ril).