Gegara Siri’, Rumah Warga di Sinjai Dibakar

BONEPOS.COM, SINJAI - Kasus pembakaran rumah milik Bahri warga Dusun Tasosso, Desa Gunung Perak, Kecamatan Sinjai Barat, kini tengah didalami bagian Reskrim Polres Sinjai.

Kasat Reskrim Polres Sinjai, AKP Noorman mengatakan, pihaknya telah mengamankan 8 orang yang diduga kuat melakukan pembakaran rumah korban di Desa Gunung Perak, Sinjai Barat.

"Jumlah itu masih bisa bertambah, sedangkan yang lainnya masih dalam status saksi," kata Noorman melalui pesan singkat di WhatsApp, Jumat (1/11/2019).

Sebelumnya, rumah milik Bahri warga Dusun Tasosso, Desa Gunung Perak, Kecamatan Sinjai Barat dibakar massa yang terjadi sekira pukul 18.00 Wita, Rabu (30/10/2019).

Berdasarkan data dan informasi yang dihimpun, pembakaran rumah warga tersebut dipicu karena persoalan 'Siri' (malu) yang terjadi pada tahun 2018 lalu, sehingga Bahri, Saleh dan Mahmud di usir dari kampung.

Pada 31 Agustus 2019 lalu, pemangku adat setempat menerima kembali ketiganya, namun pihak keluarga perempuan masih belum menerima karena mereka tidak dihadirkan pada saat rapat adat, sehingga mereka tidak menerima hasil keputusan adat tersebut.

Namun, Bahri, Saleh, dan Mahmud, nekat kembali ke Desa Gunung Perak walaupun belum ada keputusan dari pihak keluarga perempuan. Mereka dilihat oleh pihak keluarga perempuan sehingga terjadi pembakaran rumah milik Bahri. (air/ril)