409 Koperasi di Bone Bubar, Ini Penyebabnya

BONEPOS.COM, BONE - Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bone terpaksa membubarkan ratusan koperasi. Lantaran sudah lama vakum dan tidak ada aktivitas lagi.

Berdasarkan data yang diperoleh Bonepos.com, ada 900 lembaga koperasi yang pernah terdaftar di Dinas Koperasi dan UKM Bone, sekarang hanya tersisa sekitar 491 unit.

Kepala Bidang Kelembagaan dan Pengawasan Hasanuddin menuturkan, sekarang ini usaha koperasi sudah diperketat yakni harus ada nomor induk sertifikat koperasi bagi yang masih aktif melaksanakan aktivitas usaha dan melaksanakan kewajiban.

"Kita harus pantau terus kelayakannya. Apakah proses badan hukum bisa dilanjutkan atau tidak, karena koperasi bukan untuk sekadar minta bantuan saja sehingga harus diperketat untuk menghindari banyaknya koperasi siluman," tuturnya.

Adapun koperasi simpan pinjam (KSP) yang terdata di Dinas Koperasi dan UKM yaitu KSP Masagena, KSP Bone Abadi, Sejahtera, Kerukunan Keluarga Maccolli Loloe, 27 Utama, Kerukunan Keluarga Amali, dan Sipakaenre.

"KSP ini sudah terdata di Online Data Sistem (ODS) sebagaimana yang diatur oleh Permen Nomor 10 Tahun 2016 tentang pendataan Koperasi," ungkapnya.

Untuk diketahui penertiban koperasi tersebut dilakukan setiap tiga tahun dan apabila tidak ada laporan dilakukan pemantauan. "Jika diketahui Koperasi tidak lagi berjalan baru kita lapor ke pusat untuk dibubarkan," kuncinya. (sug/ril)